Kamis, 05 Agustus 2010

Mengenal Madu Lebah Sarang

Mengenal Madu Lebah Sarang

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu mengidam-idamkan tubuh kita selalu sehat karena sesuatu yang menyenangkan dan mahal harganya. Sejak jaman dulu manusia sudah mengenal arti kesehatan, dan saat itu manusia hanya dapat menjaga kesehatan dengan apa adanya, seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, bahkan madu pun menjadi menu tambahan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
Madu mengandung mineral, vitamin, asam amino, asam organik, protein dan enzim yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sangat berguna untuk menjaga stamina.

Dari perut lebah keluar cairan (madu) bermacam-macam warna yang di dalamnya terkandung obat yang dapat menyembuhkan manusia dari penderitaan penyakit. Sampai saat ini banyak orang yang belum benar-benar mengerti memilih madu yang baik dan asli. Pengertian orang awam tentang madu asli saat ini adalah kalau semut tidak mendekat itu madu asli, atau kalau dibakar dengan korek menyala.

Ada lagi orang mengatakan tak mau minum madu karena takut gula darah melonjak. Memang benar jika madu itu bukan madu asli, bisa saja terjadi karena madu yang diminum bukan madu sarang. Perlu diketahui bahwa dalam madu sarang asli tidak terdapat kandungan glukosa, karena madu sarang tidak diberi umpan atau diberi makan, lebah menghisap sari bunga. Dalam madu sarang terdapat beberapa macam gula alam yang sangat dibutuhkan oleh jantung.

Gula alam yang terdapat dalam madu di antaranya dekstrosa, langsung menyatu dengan darah. Levusa, menjaga konsentrasi gula darah. Menjaga agar gula darah tidak melampaui batas yang dibutuhkan tubuh kita. Selain itu dalam madu sarang terdapat banyak sekali kandungan vitamin, asam, mineral dan enzim, yang sangat berguna bagi tubuh kita sebagai pengobatan secara tradisional, sebagai antibodi, penghambat pertumbuhan sel kanker/tumor.

Beberapa kandungan yang sangat berguna bagi kita di antaranya yang tergabung dalam asam organik, yakni asam glikolat, format, laktat, sitrat, asetat, oksalat, malat, asam tartarat, dan lainnya. Beberapa asam tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti asam oksalat, tartarat, laktat, malat yang sangat berguna bagi metabolisme tubuh. Dalam asam laktat terdapat kandungan zat laktobasilin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Beberapa mineral dalam madu yang saya ketahui: Belerang (S), kalsium (Ca), tembaga (Cu), mangan (Mu), besi (Fe), fospor (P), klor (CI), kalium (K), magnesium, yodium, kromium, seng, silikon, potasium, sodium, aluminium. Kandungan mineral ini ada dalam kandungan madu alam, tergantung dimana sari bunga yang diisap oleh kumbang penghasil madu tersebut ditanam. Zat besi, tembaga dan mangan banyak terdapat dalam madu bewarna gelap. Zat besi erat hubungannya dengan pewarnaan darah (hemogloblin).

Tembaga sangat penting bagi manusia berkaitan dengan hemoglobin, kekurangan tembaga kita akan mengalami berkurangnya ketahanan tubuh, dan meningkatnya kadar kolesterol. Mangan berfungsi sebagai antioksidan, dan berpengaruh besar dalam pengontrolan gula darah serta mengatur hormon teroid. Magnesium pegang peran penting mengaktifkan fungsi replikasi sel, protein dan energi.

Yodium berguna bagi pertumbuhan dan membantu dalam pembakaran kelebihan lemak pada tubuh. Kromium berfungsi dalam pengaturan gula darah dalam tubuh baik kekurangan atau kelebihan. Seng, jika kita kekurangan seng biasanya kesehatan menurun, mudah terjadi infeksi dan sering terjadi gangguan kulit seperti jerawat. Adapun kegunaan mineral bagi tubuh kita, kalsium dan fospor sangat berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Besi (Fe) membantu proses pembentukan sel darah merah. Magnesium, fospor dan belerang berkaitan dengan metabolisme tubuh.

Molibdenum berguna sekali untuk pencegahan anemia dan penawar racun (terutama bagi orang yang suka minuman keras/alkohol). Selenium, kekurangan selenium risiko penyakit kanker lebih besar. Cara memilih madu sarang asli: Berat jenis masih berat. Tidak mengandung unstir air. Kental sekali, ada rasa amis seperti karat besi. Agak asam, agak langu. Jika dicampur kuning telur, kuning telur menjadi matang. Semut masuk ke dalam botol antimikroba tidak dapat keluar lagi (mati). Disimpan dalam lemari es tidak mengkristal. Tambah lama warna berubah menjadi lebih tua. Tidak meletup, kalau madu ternak asli meletup. Walau disimpan lama tidak keluar jamur (mengandung antimikroba)
===============================================
Pesan antar madu randu (pohon kapuk) gurih, manis lezat bergizi dan murah Rp 45.000/1000ml
call/sms 02197253093

Tidak ada komentar:

Posting Komentar