Selasa, 13 Juli 2010

Mengurangi Kekambuhan Asma Pada Anak

Mengurangi Kekambuhan Asma Pada Anak

Vera Farah Bararah - detikHealth

img
Ilustrasi (Foto: topnews)
Denver, Serangan asma bisa terjadi kapan saja dan terkadang membuat anak menjadi cemas. Dengan terapi seni bisa membantu mengurangi kecemasan dan kekambuhan asma anak.

Peneliti menyarankan terapi seni dapat membuat anak-anak tidak menjadi cemas dengan kondisinya. Terapi ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan emosional anak-anak yang sakit kronis. Hasil studi ini dipublikasikan dalam edisi Mei Journal of Allergy & Clinical Immunology.

Pusat pengendalian penyakit dan pencegahan (CDC) Amerika Serikat menyebutkan gangguan pernapasan merupakan penyebab utama anak-anak tidak masuk sekolah.

Anak-anak yang memiliki asma cenderung dilanda rasa cemas jika sewaktu-waktu terjadi serangan asma. Kegelisahan ini bisa memicu dan memperburuk keadaan yang seharusnya hanya ringan saja.

Dalam terapi seni, anak-anak akan bekerja dengan krayon, cat dan bahan lainnya. Anak-anak ini akan dipandu oleh terapis untuk membantu mengungkapkan perasannya jika sulit berkomunikasi dengan kata-kata.

"Ini bukan tentang melukis gambar-gambar yang indah, tapi ini tentang sesuatu untuk membantu orang menggunakan seni dalam mengungkapkan dan melepaskan perasannya," ujar Anya Beebe, seorang terapis dari National Jewish Health di Denver, seperti dikutip dari Reuters, Senin (24/5/2010).

Pada akhir terapi didapatkan, anak yang menerima terapi seni memiliki kecemasan lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih tinggi, dan perbaikan ini terus berlangsung pada 6 bulan berikutnya.

"Penggunaan terapi seni untuk anak-anak yang memiliki kasus asma berat atau asma kronis jelas terlihat manfaatnya. Anak-anak ini cenderung merasa lebih baik setelah melakukan terapi seni," ungkap Beebe.

Beebe menuturkan kesehatan fisik dan psikologis saling berhubungan, dan hal ini juga terlihat pada anak yang memiliki asma. Selain itu dengan terapi seni anak-anak yang asma bisa mengendalikan perasannya sehingga dapat mengurangi tingkat kekambuhannya.

(ver/ir)
===================================================
Promo Produk
Melia Propolis
“Natures Miracle Antibiotic”

Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistic. Hampir seluruh Kitab Suci menulis tentang Lebah.
Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69
……..Keluarlah dari perutnya syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya syifa (penyembuhan) bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.
Kandungan Propolis:
1. Bioflavonoids: Memulihkan system kapilari serta memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah (1 tetes propolis kandungannya setara dengan 500 buah jeruk)
2. Protein ( 16 Asam amino Esensial)
3. Vitamin dan mineral
Fungsi Propolis bagi manusia
1. Detoksifikasi (Membuangan racun dan Kuman Penyakit dari dalam tubuh)
2. Antibiotika Alami (antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
3. Anti Radang
4. Anti Alergi
5. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
6. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
7. Nutrisi (memperbaiki dan regenerasi sel tubuh)

1 komentar:

  1. tolong jelasin secara rinci apa itu kekambuhan dan kaitkan dengan asma.
    terima kasih...

    BalasHapus