Sabtu, 18 September 2010

5 Minuman Aman Bagi si Kecil

5 Minuman Herbal Aman bagi si Kecil pourfemme



APABILA anak tiba-tiba mengalami beberapa gejala seperti demam, masuk angin, dan gatal-gatal, janganlah panik dan memberikan obat kimia. Untuk menenangkannya Anda dapat membuat minuman herbal yang aman dan sehat bagi si kecil hanya dengan bahan-bahan sederhana yang biasa ada di dapur kita.

1. Kunyit
Kunyit mengandung minyak asiri, curcumin, turmeon, dan zingbera yang ampuh menurunkan demam. Selain itu, kunyit juga mengandung zat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Bila anak demam, ambil 10 gram kunyit, kupas, bersihkan, dan parut. Lalu, ambil 125 mililiter air panas, 1 sendok air jeruk nipis, dan 4 sendok makan madu. Campur semua bahan tadi lalu saring untuk diambil airnya. Berikan 3 kali sehari untuk anak.

2. Temulawak
Temulawak mempunyai zat aktif seperti germacrene, zanthorrhizol, dan alpha beta curcumena. Temulawak bermanfaat sebagai antiperadangan, antibiotik, meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Ambil 10 gram rimpang temulawak, 125 mililiter panas, 2 sendok makan madu dan bunga kapuk/randu. Parut rimpang temulawak, tambahkan air dan aduk sampai rata, saring, kemudian ambil sarinya. Campur sari temulawak dengan air panas dan madu serta sari bunga kapuk/randu tersebut. Berikan kepada anak 3 kali sehari.

3. Sambiloto
Sambiloto mengandung androgramafoll lactones (zat pahit), diterpene, glucosides, dan flavonoid yang mampu panas. Menurut sebuah penelitian, 6 gram sambiloto per hari sama efektifnya dengan parasetamol. Seluruh bagian dari sambiloto dapat digunakan sebagai obat herbal. Ambillah 20 gram daun sambiloto kering, 50 gram ubi kunyit kering, 300 mililiter air, dan 300 mililiter madu. Campur daun sambiloto, kunyit, dan air lalu masak sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Angkat dan saring air kemudian tambahkan madu. Berikan kepada anak 3 kali sehari.

4. Brotowali
Brotowali digunakan untuk pemakaian luar. Brotowali ampuh menyembuhkan luka dan gatal-gatal akibat kudis. Ambil 2-3 batang brotowali kemudian potong kecil-kecil dan siapkan 1,5 liter air bersih. Rebus air dan masukkan irisan brotowali lalu didihkan. Saring dan oleskan untuk mengobati luka atau gatal-gatal akaibat kudis. Berikan 3 kali sehari.

5. Kencur
Kencur selama ini memang dikenal ampuh meredakan batuk. Coba ambil 5 gram kencur segar kemudian cuci bersih dan parut. Ambil 2 sendok makan air matang dan 1 sendok makan madu. Kemudian parutan kencur tambahkan air matang tadi lalu aduk hingga rata dan saring. Tambahkan madu dan aduk sampai rata. Berikan 2-3 kali sehari.  (Pri/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar